Berbaik Sangka Terhadap Diri Sendiri



Bagi beberapa orang, mungkin belum mengenal kata berbaik sangka pada diri sendiri. Inilah salah satu sifat yang perlu tertanam pada diri manusia. Mengapa ? Karena berbaik sangka pada diri sendiri memiliki banyak manfaat. Salah satunya mencegah mencela dan mengeluh kekurangan diri. Kenapa bisa begitu ? Begini, umumnya setiap manusia memiliki kekurangan, dan kebanyakan pula manusia tidak bisa menerima kekurangan dirinya dan selalu ingin meniru kelebihan orang lain. Jika sudah menyerah, akan timbul rasa depresi yang berat. Tapi jika orang itu bisa berbaik sangka pada dirinya sendiri, ia akan menerima segala kekurangan dirinya, dan menganggap kekurangannya adalah yang terbaik diberikan Tuhan serta beranggapan kekurangan itu bisa sebagai kelebihan mereka dibanding kelebihan yang dipunya orang lain.

Anda mungkin sedikit tidak percaya. Tapi, banyak bukti bahwa berbaik sangka pada diri sendiri itu penting. Salah satunya adalah Pak Cahirul Tanjung, kenapa ? Chairul Tanjung dulunya adalah seorang anak singkong alias anak dari keluarga miskin. Tapi beliau tak mau menyerah, ia berusaha berusaha walaupun memiliki kekurangan itu hingga sekarang menjadi sukses. Salah satu contoh lainnya adalah banyak dari orang yang cacat fisik, namun mereka bisa meraih prestasi yang tidak bisa diraih oleh orang normal.

Nah, itulah pentingnya berbaik sangka pada diri sendiri. Jadi, jika anda bisa mengamalkan sifat ini, anda akan dipenuhi oleh semangat dalam hidup.

dikuti dari : http://smadia.blogspot.com/2012/11/pentingnya-berbaik-sangka-pada-diri.html

Posting Komentar